Jumat, 20 Januari 2012

SIMBIOSIS


BIMBEL KELAS VI C
Hari/ Tanggal             :       ..............................................
Mapel                         :       IPA
Materi                        :       Simbiosis
Pembimbing              :       Abdul Karim, A.Ma
Nama Siswa               :       ..............................................

1.          Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tidak dirugikan. Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu adalah simbiosis ….
a.     Parasitisme               
b.    mutualisme
c.     kompetisisme
d.    komensalisme
2.          Cacing pita mengambil sari makanan dalam usus manusia. Hubungan antara cacing pita dan manusia disebut simbiosis ….
a.     parasitisme
b.    mutualisme
c.     kompetisisme
d.    komensalisme
3.          Kutu yang hidup pada rambut kucing mengambil sari makanan dari tubuh kucing. Hubungan kutu dan kucing disebut simbiosis ….
a.     parasitisme
b.    mutualisme
c.     kompetisisme
d.    komensalisme
4.          Kupu-kupu mendapatkan nektar dari tumbuhan bunga sepatu, sedangkan tumbuhan bunga sepatu dibantu penyerbukannya. Hubungan antara kupu-kupu dan tumbuhan bunga sepatu disebut simbiosis ….
a.     parasitisme
b.    mutualisme
c.     kompetisisme
d.    komensalisme
5.          Lebah mendapatkan madu dari bunga pohon jagung, sedangkan pohon jagung dibantu penyerbukannya. Hubungan antara lebah dan pohon jagung disebut simbiosis ….
a.           parasitisme
b.          mutualisme
c.           kompetisisme
d.          komensalisme
6.          Burung jalak sering hinggap di badan kerbau untuk mencari kutu. Hubungan antara burung jalak dan kerbau disebut simbiosis ….
a.           parasitisme
b.          mutualisme
c.           kompetisisme
d.          komensalisme
7.          Tumbuhan paku menempel pada pohon rambutan, tetapi tumbuhan paku bisa melakukan fotosintesis sendiri. Hubungan antara tumbuhan paku dan pohon rambutan disebut simbiosis ….
a.           parasitisme
b.          mutualisme
c.           kompetisisme
d.          komensalisme
8.          Bunga Raflessia mendapatkan makanan dari tumbuhan inangnya. Hubungan antara bunga Raflessia dan tumbuhan inangnya adalah simbiosis….
a.           parasitisme
b.          mutualisme
c.           kompetisisme
d.          komensalisme

9.          Tumbuhan anggrek hanya menumpang hidup pada tanaman inangnya dan bisa melakukan fotosintesis sendiri. Hubungan antara anggrek dan tanaman inangnya adalah simbiosis….
a.           parasitisme
b.          mutualisme
c.           kompetisisme
d.          komensalisme

10.       Berikut ini merupakan contoh simbiosis komensalisme adalah. . .
a. ikan remora dengan ikan hiu
b. burung jalak memakan kutu pada kulit kerbau
c. cacing yang hidup dalam tubuh manusia
d. lebah pada tumbuhan berbunga

11.       Hubungan antar makhluk hidup yang menunjukkan simbiosis parasitisme adalah . . .
a. lebah dengan tumbuhan berbunga
b. bakteri coli yang hidup pada tubuh manusia
c. anggrek yang menempel di pohon mangga
d. cacing yang hidup di usus manusia

12.       Contoh hubungan antar dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan adalah . .
a. kutu yang hidup di kepala manusia
b. anggrek yang menempel pada pohon manga
c. bakteri coli yang hidup pada tubuh manusia
d. benalu pada tumbuhan inangnya

13.       Perhatikan beberapa hubungan yang terjadi antara dua individu berikut ini!
1. tali putri dengan inangnya
2. anggrek dengan inangnya
3. benalu dengan inangnya
4. paku tanduk rusa dan inangnya
5. jamur dan inangnya
Simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh nomor . . .
a. 1 dan 3                         c. 3 dan 5
b. 2 dan 4                        d. 2 dan 5

14.       Tumbuhanbenalu mendapatkan makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Hubungan antara tanaman tersebut disebut simbiosis....
A.          mutualisme
B.          komensialisme
C.          parasitisme
D.          saprofitisme

15.       Burung jalak makankutu pada tubuh kerbau. Hubungan antara burung jalak dan kerbau disebut simbiosis ....
a.mutualisme
b.parasitisme
c.saprofitisme
d.komensalisme

Rabu, 18 Januari 2012

SATUAN WAKTU


BIMBINGAN BELAJAR
Kelas VI C
Hari/ Tanggal  :  ..............................................
Mapel              :  Matematika
Materi             :  Satuan Waktu
Pembimbing    :  Abdul Karim, A.Ma
Nama Siswa    :  ..............................................
Nilai                 :  ..............................................

Perhatikan hubungan satuan waktu berikut !

Millenium     :        1.000   tahun
Abad              :           100   tahun
Dasawarsa     :             10   tahun
Lustrum         :               5   tahun
Windu           :               8   tahun
Tahun            :             12   bulan
Bulan             :             30   hari
Bulan             :               4   minggu
Minggu          :               7   hari
Hari                :             24   jam
Jam                :             60   menit
Menit            :             60   detik

Kita pasti bisa !
1)      1 ¼ abad + 8 windu + 15 tahun + 24 bulan = … tahun
A.206                             
B.228
C.208                             
D.185
2)      3 jam + 2 menit + 15 detik = … detik
A.      10.935
B.      15.215
C.      13.215
D.     12.215
3)      Dua tahun yang akan datang ibuku merayakan lustrum ke-8. Sekarang umurku 12 tahun. Saat aku lahir ibuku berumur ... tahun.
A.      26
B.      28
C.      38
D.     40
4)      Ayah berada di Batam selama 2 minggu. Ibu berada di Surabaya selama 1 bulan. Ayah dan Ibu tidak berada di rumah selama...
a. 44 hari                           c. 30 hari
b. 45 hari                           d. 21 hari
5)      Usia museum Bagindo Aziz Khan di Sumatera Barat adalah 1 abad 2 windu. Berapa tahun usia museum tersebut....
a. 102                             b. 108                            
c. 116                             d. 160
6)      3 abad + 5 windu + 6 tahun = ... tahun
a. 356                             b. 346                            
c. 76                               d. 14
7)      2   tahun + 1 windu - 1 tahun - 14 bulan = … bulan
a. 988                             b. 126                            
c. 180                             d. 100
8)      Kegiatan perlombaan gerak jalan dimulai pukul 07.30 dan berakhir  pada pukul 12.15. Lama kegiatan perlombaan tersebut adalah ….
a. 4.10 menit                  c. 5.15 menit
b. 4.45 menit                  d. 5.45 menit
9)       abad + 5 lustrum + 37 tahun – 2 windu = …
A.      51 tahun
B.      61 tahun
C.      71 tahun
D.     87 tahun
10)  2   abad + 5 windu + 12 tahun + 36 bulan = … tahun 
a. 208                             c. 228    
b. 280                             d. 260
11)  Sebuah fosil berumur 2 abad 6 windu lebih 42 tahun. Fosil tersebut berumur ... tahun.
a. 202                             c. 210
b. 206                             d. 240
12)  Dalam sebuah lomba marathon, Ridho berhasil finish dengan catatan waktu 1 jam 26 menit 53 detik, sedangkan Amin finish  dengan waktu 1 jam 28 menit 16 detik. Maka selisih waktu antara keduanya adalah....
a. 1 menit, 19 detik        c. 1 menit 22 detik
b. 1 menit, 20 detik        d. 1 menit 23 detik
13)  Suatu bangunan telah berusia 1 abad 3 windu 3 tahun . Usia bangunan sama dengan ….
A.      123 tahun
B.      124 tahun
C.      127 tahun
D.     133 tahun
14)  Pak Rahman akan membangun sebuah pesantren selama 1 tahun, 7 bulan, dan 15 hari. Pesantren tersebut dibangun selama ….
A.      560 hari
B.      570 hari
C.      580 hari
D.     590 hari
15)  Canaya belajar kelompok bersama teman-temanya dari pukul 13.30 sampai dengan pukul 15.45, kemudian mengikuti kursus selama 1 jam 35 menit. Seluruh waktu yang digunakan Canaya untuk belajar kelompok dan kursus adalah … menit.
a. 135                             c. 230
b. 180                             d. 380