Rabu, 11 Januari 2012

RPP IPA Kelas 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                   :    SDN Asemrowo Surabaya
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester                    :    VI / 1
Materi Pokok                         :    Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu                                      :    4 x 35 menit (2 X pertemuan)

A.      Standar Kompetensi               :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.      Kompetensi Dasar
1.1    Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

C.      Indikator

Kognitif
ü   Mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan contoh kelelawar, cicak, bebek dll
ü   Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Psikomotor
ü   Melakukan pengamatan terhadap ciri khusus hewan
Afektif / Sikap
ü   Melalukan komunikasi melalui  presentasi, berpendapat dan bertanya
ü   Melakukan kerjasama
ü   Membiasakan untuk berdisiplin, perhtian, tekun dan bertanggung jawab
ü   Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk sosial dan mahluk Tuhan )

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajran, diharapkan siswa mempunyai kemampuan dalam :
Kognitif
ü   Mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan contoh kelelawar, cicak, bebek dll
ü   Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Psikomotor
ü   Melakukan pengamatan terhadap ciri khusus hewan
Afektif / Sikap
ü   Melalukan komunikasi melalui  presentasi, berpendapat dan bertanya
ü   Melakukan kerjasama
ü   Membiasakan untuk berdisiplin, perhtian, tekun dan bertanggung jawab
ü   Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk sosial dan mahluk Tuhan )

E.       Materi Essensial
F.       Media Belajar
Ü  BSE Sains kelas VI
Ü  Internet


G.      Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan I (Ciri khusus mahluk hidup)
Tahap
Sintaks
Kegiatan
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
Orientasi Masalah
Ü  Memberikan beberapa gambar hewan kepada siswa dengan menggunakan slide
Ü  Bertanya kepada siswa tentang hewan yang telah disediakan.


Kegiatan Inti
Rancangan Penyelesaian Masalah
Ü  Guru mengarahkan siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE kelas 6
Ü  Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang ciri khusus mahluk hidup
Ü  Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
Ü  Guru meminta peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS


Bimbingan pelaksanaan rancangan
Ü  Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan
Ü  Membimbing siswa untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah
Ü  Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan.
Ü  Siswa mencatat hasil pemecahan masalah


Komunikasi Hasil
Ü  Meminta ketua kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama
Ü  Membimbing siswa mendiskusikan hasil sampai pada simpulan


Pemaknaan
Ü  Melakukan pemaknaan terhadap ciri khusus yang dimiliki mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari


Penutup
Evaluasi dan revleksi
Ü  Meminta siswa untuk merangkum materi
Ü  Memberikan tugas (pekerjaan rumah) kepada siswa



Pertemuan II (Ciri khusus mahluk hidup lanjutan )
Tahap
Sintaks
Kegiatan
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
Orientasi Masalah
Ü  Menagih tugas yang telah diberikan pada pertemuan pertama
Ü  Bertanya kepada siswa tentang hewan yang telah disediakan.


Kegiatan Inti
Rancangan Penyelesaian Masalah
Ü  Guru mengarahkan siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE kelas 6
Ü  Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang ciri khusus mahluk hidup
Ü  Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
Ü  Guru meminta peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS


Bimbingan pelaksanaan rancangan
Ü  Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan
Ü  Membimbing siswa untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah
Ü  Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan.
Ü  Siswa mencatat hasil pemecahan masalah


Komunikasi Hasil
Ü  Meminta ketua kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama
Ü  Membimbing siswa mendiskusikan hasil sampai pada simpulan


Pemaknaan
Ü  Melakukan pemaknaan terhadap ciri khusus yang dimiliki mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari


Penutup
Evaluasi dan revleksi
Ü  Meminta siswa untuk merangkum materi
Ü  Memberikan tugas (pekerjaan rumah) kepada siswa




H.      Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ü  Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
Ü  Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
Ü  Tugas Individu
Ü  Tugas kelompok



Ü  Laporan





Ü  Sebutkanlah contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
Ü  Jelaskanlah cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Ü   Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
10
8
6
5
Ü  performance
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
·     Pengetahuan baik
·     Pengetahuan kurang
·     Tidak tahu sama sekali

·     aktif  Praktek
·     kadang-kadang aktif
·     tidak aktif

·     baik
·     kurang baik
·      tidak baik
10
8
6

10
8
6

10
8
6
CATATAN :
ü   Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,                                                                                                             Surabaya, 12 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                                       Guru Kelas VI C



Drs. H. SUDARTONO                                                                                           ABDUL KARIM, A. Ma
NIP. 19520928 197807 1 001                                                                              NIP. 19860323 200902 1 003


LEMBAR KERJA SISWA 1
CIRI KHUSUS HEWAN
A.         Tujuan
Mengamati hewan beserta ciri khususnya
B.         Alat dan bahan
a.          Gambar hewan
C.        Langkah pengamatan
a.          Perhatikan LKS yang tersedia
b.          Carilah ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut
D.        Data pengamatan
No.
Nama Hewan
Ciri Khusus
Kegunaan
1


2


3


4
Kelelawar


Bebek


Cicak


Onta






E.         Simpulan
Berdasarkan hasil pengamatan kalian, jawablah pertanyaan berikut !
1.          Untuk apakah ciri khusus tersebut dimiliki oleh hewan?



2.          Sebutkan 5 hewan beserta ciri khusus yang dimiliki !



No
NAMA SISWA
NILAI
1
2
3
4
5
6





LEMBAR KERJA SISWA 2
CIRI KHUSUS HEWAN
A.         Tujuan
Mengatahui ciri khusus pada hewan
B.         Alat dan bahan
a.          Soal pilihan ganda
C.        Soal
1.          Makhluk hidup yang memiliki kaki yang beralur pararel dan lengket untuk merayap di dinding adalah ....
a. bunglon                        b. cicak                            c. kadal                            d. iguana
2.          Punuk unta berfungsi untuk ....
a. cadangan air dan makanan                                   b. melindungi dari panas matahari
c. melindungi dari debu                                             d. supaya dapat berjalan di gurun pasir
3.          Kemampuan mahluk hidup untuk menentukan keadaan di sekitarnya denganm enggunakan bunyi pantul disebut ....
a. adaptasi                       b. ekolokasi                      c. mimikri                         d. iritabilita
4.          Kelelawar mempunyai kemampuan dalam sistem sonar dengan memanfaatkan bunyi ....
a. supersonik                    b. audiosonik                    c. infrasonik                     d. ultrasonic
5.          Untuk menangkap mangsanya cicak memiliki ciri khusus, yaitu ....
a. kaki beralur dan lengket                                        b. mengubah warna kulit   
c. lidah panjang dan lengket                                      d. memutuskan ekornya
6.          Berikut ciri khusus yang tidak dimiliki bebek adalah....
a. memiliki lapisan minyak pada bulunya                   b. memiliki selaput di antara jari kakinya  
c. memiliki paruh yang pendek dan agak lebar            d. berkembang biak dengan cara bertelur
7.           Bebek dapat berenang dan berjalan di lumpur dengan mudah karena memiliki ....
a. paruh lebar                   b. sayap lebar                   c. selaput kaki                  d. tubuh yang ringan
8.          Hewan yang mata dan telinganya tajam biasanya mencari makan pada malam hari. Hewan itu adalah ....
a. beruang es dan harimau                                        b. tikus tanah dan laron    
c. kucing dan tarsius                                                d. elang dan bebek
9.          Unta menyimpan cadangan makanan pada bagian ...
10.      Kelelawar dapat mengeluarkan bunyi dengan frekuensi ... getaran per detik.
11.      Cicak dapat berjalan di dinding yang tegak lurus karena mempunyai ....
12.      Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
13.      Sebutkan ciri-ciri khusus pada unta!
14.      Mengapa kelelawar dapat terbang pada malam hari? Jelaskan!
15.      Jelaskan ciri khusus yang dimiliki bebek!

Nama        :       ..........................................
No. Absen :       ..........................................
Nilai          :       ..........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar