RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Asemrowo Surabaya
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok :
Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Waktu :
4 x 35 menit (2 X pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
C. Indikator
Kognitif
ü Mengetahui ciri-ciri
khusus yang dimiliki hewan contoh kelelawar,
cicak, bebek
dll
ü Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
Psikomotor
ü Melakukan pengamatan terhadap ciri khusus hewan
Afektif / Sikap
ü
Melalukan komunikasi melalui presentasi, berpendapat dan bertanya
ü
Melakukan kerjasama
ü
Membiasakan untuk berdisiplin, perhtian, tekun dan
bertanggung jawab
ü
Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk
sosial dan mahluk Tuhan )
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajran, diharapkan siswa mempunyai kemampuan dalam :
Kognitif
ü Mengetahui ciri-ciri
khusus yang dimiliki hewan contoh kelelawar,
cicak, bebek
dll
ü Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
Psikomotor
ü Melakukan pengamatan terhadap ciri khusus hewan
Afektif / Sikap
ü
Melalukan komunikasi melalui presentasi, berpendapat dan bertanya
ü
Melakukan kerjasama
ü
Membiasakan untuk berdisiplin, perhtian, tekun dan
bertanggung jawab
ü
Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk
sosial dan mahluk Tuhan )
E. Materi Essensial
F. Media Belajar
Ü
BSE
Sains kelas VI
Ü
Internet
G. Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan
I (Ciri khusus mahluk hidup)
Tahap
|
Sintaks
|
Kegiatan
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
Pendahuluan
|
Orientasi
Masalah
|
Ü Memberikan beberapa
gambar hewan kepada siswa dengan menggunakan slide
Ü Bertanya kepada
siswa tentang hewan yang telah disediakan.
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
Rancangan Penyelesaian Masalah
|
Ü Guru mengarahkan
siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE
kelas 6
Ü Guru
mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang ciri khusus mahluk hidup
Ü Membentuk siswa
menjadi beberapa kelompok
Ü Guru meminta
peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS
|
|
|
Bimbingan pelaksanaan rancangan
|
Ü Guru meminta
peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan
Ü Membimbing siswa
untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah
Ü Guru memeriksa
kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika
masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar,
guru langsung memberikan bimbingan.
Ü Siswa mencatat
hasil pemecahan masalah
|
|
|
|
Komunikasi Hasil
|
Ü Meminta ketua
kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama
Ü Membimbing siswa
mendiskusikan hasil sampai pada simpulan
|
|
|
|
Pemaknaan
|
Ü Melakukan pemaknaan
terhadap ciri khusus yang dimiliki mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
Penutup
|
Evaluasi dan revleksi
|
Ü Meminta siswa untuk
merangkum materi
Ü Memberikan tugas
(pekerjaan rumah) kepada siswa
|
|
|
Pertemuan
II (Ciri khusus mahluk hidup lanjutan )
Tahap
|
Sintaks
|
Kegiatan
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
Pendahuluan
|
Orientasi
Masalah
|
Ü Menagih tugas yang
telah diberikan pada pertemuan pertama
Ü Bertanya kepada
siswa tentang hewan yang telah disediakan.
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
Rancangan Penyelesaian Masalah
|
Ü Guru mengarahkan
siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE
kelas 6
Ü Guru
mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang ciri khusus mahluk hidup
Ü Membentuk siswa
menjadi beberapa kelompok
Ü Guru meminta
peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS
|
|
|
Bimbingan pelaksanaan rancangan
|
Ü Guru meminta
peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan
Ü Membimbing siswa
untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah
Ü Guru memeriksa kegiatan
peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada
peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung
memberikan bimbingan.
Ü Siswa mencatat
hasil pemecahan masalah
|
|
|
|
Komunikasi Hasil
|
Ü Meminta ketua
kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama
Ü Membimbing siswa
mendiskusikan hasil sampai pada simpulan
|
|
|
|
Pemaknaan
|
Ü Melakukan pemaknaan
terhadap ciri khusus yang dimiliki mahluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
Penutup
|
Evaluasi dan revleksi
|
Ü Meminta siswa untuk
merangkum materi
Ü Memberikan tugas
(pekerjaan rumah) kepada siswa
|
|
|
H.
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ü Mencari
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
Ü Mendeskripsikan
ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
Ü Tugas
Individu
Ü Tugas
kelompok
|
Ü Laporan
|
Ü Sebutkanlah
contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya:
kelelawar dan cicak
Ü Jelaskanlah
cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat
pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Ü Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
10
8
6
5
|
Ü performance
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
·
Pengetahuan baik
·
Pengetahuan kurang
·
Tidak tahu sama sekali
·
aktif Praktek
·
kadang-kadang aktif
·
tidak aktif
·
baik
·
kurang baik
·
tidak baik
|
10
8
6
10
8
6
10
8
6
|
CATATAN
:
ü
Untuk siswa yang
tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Surabaya,
12 Juli 2011
Kepala
Sekolah Guru
Kelas VI C
Drs. H. SUDARTONO ABDUL
KARIM, A. Ma
NIP.
19520928 197807 1 001 NIP.
19860323 200902 1 003
LEMBAR KERJA SISWA 1
CIRI KHUSUS HEWAN
A.
Tujuan
Mengamati hewan beserta ciri khususnya
B.
Alat dan bahan
a.
Gambar hewan
C.
Langkah pengamatan
a.
Perhatikan LKS yang
tersedia
b.
Carilah ciri khusus
yang dimiliki oleh hewan tersebut
D.
Data pengamatan
No.
|
Nama Hewan
|
Ciri Khusus
|
Kegunaan
|
1
2
3
4
|
Kelelawar
Bebek
Cicak
Onta
|
|
|
E.
Simpulan
Berdasarkan hasil pengamatan kalian,
jawablah pertanyaan berikut !
1.
Untuk apakah ciri
khusus tersebut dimiliki oleh hewan?
2.
Sebutkan 5 hewan
beserta ciri khusus yang dimiliki !
No
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
1
2
3
4
5
6
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA 2
CIRI KHUSUS HEWAN
A.
Tujuan
Mengatahui ciri khusus pada hewan
B.
Alat dan bahan
a.
Soal pilihan ganda
C.
Soal
1.
Makhluk hidup yang memiliki kaki yang beralur pararel dan
lengket untuk merayap di dinding adalah ....
a. bunglon b.
cicak c. kadal d. iguana
2.
Punuk unta berfungsi untuk ....
a. cadangan air dan makanan b. melindungi dari panas matahari
c. melindungi dari debu d.
supaya dapat berjalan di gurun pasir
3.
Kemampuan mahluk hidup untuk menentukan keadaan di
sekitarnya denganm enggunakan bunyi pantul disebut ....
a. adaptasi b.
ekolokasi c. mimikri d. iritabilita
4.
Kelelawar mempunyai kemampuan dalam sistem sonar dengan
memanfaatkan bunyi ....
a. supersonik b.
audiosonik c.
infrasonik d.
ultrasonic
5.
Untuk menangkap mangsanya cicak memiliki ciri khusus,
yaitu ....
a. kaki beralur dan lengket b.
mengubah warna kulit
c. lidah panjang dan lengket d. memutuskan ekornya
6.
Berikut ciri khusus yang tidak dimiliki bebek adalah....
a. memiliki lapisan minyak pada bulunya b. memiliki selaput di antara
jari kakinya
c. memiliki paruh yang pendek dan agak lebar d. berkembang biak dengan cara
bertelur
7.
Bebek dapat berenang dan berjalan di lumpur
dengan mudah karena memiliki ....
a. paruh lebar b. sayap lebar c. selaput kaki d. tubuh yang ringan
8.
Hewan yang mata
dan telinganya tajam biasanya mencari makan pada malam hari. Hewan itu adalah
....
a. beruang es
dan harimau b.
tikus tanah dan laron
c. kucing dan
tarsius d. elang dan bebek
9.
Unta menyimpan cadangan makanan pada bagian ...
10. Kelelawar
dapat mengeluarkan bunyi dengan frekuensi ... getaran per detik.
11. Cicak
dapat berjalan di dinding yang tegak lurus karena mempunyai ....
12. Jelaskan
tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
13. Sebutkan
ciri-ciri khusus pada unta!
14. Mengapa
kelelawar dapat terbang pada malam hari? Jelaskan!
15.
Jelaskan ciri khusus yang dimiliki bebek!
Nama : ..........................................
No. Absen : ..........................................
Nilai : ..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar