RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SDN Asemrowo Surabaya
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan KPK
C. Indikator
Kognitif
ü Mengetahui sifat-sifat hitung campuran
ü Mengetahui cara menentukan KPK
ü Mengetahui cara menentukan FPB
Psikomotor
ü Melakukan operasi hitung campuran
ü Melakukan menentukan KPK
ü Melakukan menentukan FPB
Sikap
ü Melalukan komunikasi : presentasi, berpendapat dan bertanya
ü Melakukan kerjasama
ü Membiasakan untuk berdisiplin, perhtian, tekun dan bertanggung jawab
ü Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk sosial dan mahluk Tuhan )
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa memiliki kemampuan di bidang :
Kognitif
ü Mengetahui sifat-sifat hitung campuran
ü Mengetahui cara menentukan KPK
ü Mengetahui cara menentukan FPB
Psikomotor
ü Melakukan operasi hitung campuran
ü Melakukan menentukan KPK
ü Melakukan menentukan FPB
Sikap
ü Melalukan komunikasi : presentasi, berpendapat dan bertanya
ü Melakukan kerjasama
ü Membiasakan untuk berdisiplin, perhatian, tekun dan bertanggung jawab
ü Menanamkan kedisiplinan pada siswa ( sebagai mahluk sosial dan mahluk Tuhan )
D. Materi Ajar
Operasi Hitung Bilangan Bulat
§ Sifat-Sifat Operasi Hitung
§ Pengerjaan Hitung Campuran
§ Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK
E. Metode Pembelajaran
games, diskusi
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I (Menghitung campuran)
Tahap | Sintaks | Kegiatan | Terlaksana | |
Ya | Tidak | |||
Pendahuluan | Orientasi Masalah | Ü Mennyanyi Satu Tambah Satu untuk mengukur kemampuan siswa dalam berhitung Ü Bertanya kepada siswa tentang sifat operasi hitung campuran | | |
Kegiatan Inti | Rancangan Penyelesaian Masalah | Ü Guru mengarahkan siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE kelas 6 Ü Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cara sifat-sifat hitung campuran dengan menggunakan slide Ü Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok Ü Guru meminta peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS | | |
Bimbingan pelaksanaan rancangan | Ü Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan Ü Membimbing siswa untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah Ü Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan. Ü Siswa mencatat hasil pemecahan masalah | | | |
Komunikasi Hasil | Ü Meminta ketua kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama Ü Membimbing siswa mendiskusikan hasil sampai pada simpulan | | | |
Pemaknaan | Ü Melakukan pemaknaan terhadap sifat operasi hitung campuran dalam kehidupan sehari-hari | | | |
Penutup | Evaluasi dan revleksi | Ü Meminta siswa untuk merangkum materi Ü Memberikan tugas (pekerjaan rumah) kepada siswa | | |
Pertemuan II (KPK)
Tahap | Sintaks | Kegiatan | Terlaksana | |
Ya | Tidak | |||
Pendahuluan | Orientasi Masalah | Ü Melakukan orientasi hitungan campuran Ü Bermain menghitung bintang untuk mengetahui kemampuan siswa dalam perkalian sebagai dasar pencarian persekutuan Ü Menyampaiakn tujuan pembelajaran tentang cara mencari KPK | | |
Kegiatan Inti | Rancangan Penyelesaian Masalah | Ü Guru mengarahkan siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE kelas 6 Ü Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cara menghitung KPK Ü Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok Ü Guru meminta peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS | | |
Bimbingan pelaksanaan rancangan | Ü Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan Ü Membimbing siswa untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah Ü Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan. Ü Siswa mencatat hasil pemecahan masalah | | | |
Komunikasi Hasil | Ü Meminta ketua kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama Ü Membimbing siswa mendiskusikan hasil sampai pada simpulan | | | |
Pemaknaan | Ü Melakukan pemaknaan terhadap KPK dalam kehidupan sehari-hari | | | |
Penutup | Evaluasi dan revleksi | Ü Meminta siswa untuk merangkum materi Ü Memberikan tugas (pekerjaan rumah) kepada siswa | | |
Pertemuan III (FPB)
Tahap | Sintaks | Kegiatan | Terlaksana | |
Ya | Tidak | |||
Pendahuluan | Orientasi Masalah | Ü Melakukan orientasi penghitungan KPK Ü Bermain menghitung bintang untuk mengetahui kemampuan siswa dalam perkalian sebagai dasar pencarian persekutuan Ü Menyampaiakn tujuan pembelajaran tentang cara mencari FPB | | |
Kegiatan Inti | Rancangan Penyelesaian Masalah | Ü Guru mengarahkan siswa untuk mendalami materi dengan cara menemukan sendiri dari buku BSE kelas 6 Ü Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cara menghitung FPB Ü Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok Ü Guru meminta peserta didik untuk memecahkan masalah yang telah tersedia di LKS | | |
Bimbingan pelaksanaan rancangan | Ü Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan Ü Membimbing siswa untuk melaksanakan kerja sama memecakan masalah Ü Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah melakukan kegiatan dengan benar, jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru langsung memberikan bimbingan. Ü Siswa mencatat hasil pemecahan masalah | | | |
Komunikasi Hasil | Ü Meminta ketua kelompok untuk menyampaikan hasil kerjasama Ü Membimbing siswa mendiskusikan hasil sampai pada simpulan | | | |
Pemaknaan | Ü Melakukan pemaknaan terhadap FPB dalam kehidupan sehari-hari | | | |
Penutup | Evaluasi dan revleksi | Ü Meminta siswa untuk merangkum materi Ü Memberikan tugas (pekerjaan rumah) kepada siswa | | |
G. Alat/Sumber Belajar
§ BSE
§ LKS Operasi Hitung Campuran
§ LKS KPK
§ LKS FPB
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
o Melakukan pekerjaan hitung campuran o Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | o Coba kalian simpulkan definisi bilangan bulat! o Tuliskan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat! o Tuliskan kegiatan kalian selama satu hari yang melibatkan bilangan negatif! o Carikanlah Faktor Prima Suatu Bilangan o 4.655 + 3.561 = .... o 454 x 235 = ... |
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Surabaya, 12 Juli 2011
Kepala Sekolah Guru Kelas VI C
Drs. H. SUDARTONO ABDUL KARIM, A. Ma
NIP. 19520928 197807 1 001 NIP. 19860323 200902 1 003
end_sub.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar